Teknik Dasar & Trik Menyeleksi Alat Pancing

Memancing ikan kelihatannya gampang, menyiapkan alat pancing, menyusun umpan, serta mencari mandala yang banyak ikannya. Sesampai di lokasi alat dikeluarkan, umpan dipasang, lemparkan sasaran, menunggu sekilas hingga ikan memakan sasaran, kemudian menggulung atau mempesona kenur alias senar dulu diangkat.

Akan tetapi, kenyataannya bukan semudah yang kita hayalkan atau kita lihat. Untuk memancing diperlukan sedikit keahlian khusus. Trik ini hendak sangat diperlukan apalagi bahwa kita menyidik lomba. Yang jelas, berlatih diperlukan menyerupai pepatah practise make perfect atau berlatih membuat siap. Berlatihlah & pengalaman hendak mengajarkan dikau kepada tekink yang betul dan jitu. Berikut kurang lebih teknik yang perlu dikuasai selain sistem yang tahu disajikan sebelumnya.

Melempar / Melontar Umpan



Kunci sukses acara mancing juga ditentukan oleh trik lontaran. Lontaran harus lewat pada titis yang sama dengan titik yang telah diberi sasaran pengebom. Lontaran ke arah yang ceroboh itu diantaranya mengoper sepak bola ke pedoman yang tiada seorang temanpun yang menerima. Berlatihlah dulu cara melontar di kolam harian pra anda beringsut ke festival.

Isyarat Kenur

Pada pertalian glosor / kenur swatantra (free lining) lainnya, gerakan toko pancing umpan yang dimakan ikan, getarannya refleks disalurkan ke kenur. Sesudah umpan dilontarkan, gulung tali sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest) atur senar agar menegang namun janganlah terlalu liat, agak kendor sedikit. Saksama kenur yang memasuki uap karena disini getarannya siap terlihat jelas. Ada 2 kondisi dimana kita pantas segera menggentak joran: Tanpa isyarat awal, tiba-tiba saja kenur terangkat dan berpikir menjauh. Tali yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor. Keadaan beda yang bisa dideteksi menyerupai kenur yang bergerak-gerak merusak.

Menggentak Joran

Agar ikan dapat terpesona saat sasaran termakan, setelah adanya deteksi gigitan yang diurai dalam atas tadinya. Anda butuh menggentak joran (strike) terutama bila ikatan yang dikenakan berpelampung. Gerak menggentak joran dapat digolongkan sebagai trik yang kontan. Untuk itu latihlah kemut-kemut refleks kamu, sehingga tangan terlatih dalam segera meraih joran.

Mencukur Ikan

Menjerat ikan adalah saat yang paling lupa dan so pasti perseptif. Gerakan ikan yang melawan melebihi keuletan putus kenur (breaking strength) dapat menyebabkan kenur putus. Setel drag pada status setengah dari posisi tewas (terkunci penuh) atau sesuai perkiraan engkau sendiri, tanpa biarkan drag dalam stan terkunci sesak. Biarkan ikan yang terperosok melarikan kenur. Arahkan joran berlawanan dengan arah pergi ikan. Bila ikan merubah arah, lekas gulung ril anda, coba menambah tolakan drag.

Melepas Kail

Melepas kail yang menancap dalam mulut ikan memang tugas pembantu (kedi) anda. Tapi terkadang terdapat saatnya dimana kita otonom selaku pemancing yang kudu melakukan hal tersebut. Berhati-hatilah saat menjaga kail, kalau menancap pada tangan anda akan sulit untuk melepaskannya. Gunakan lap untuk memiliki badan ikan yang reka, biarkan ikan menggelepar di serokan, kalau ikan senyap pegang ikan dengan tangan kiri, tekan agak rusuh bagian lambung dengan jempol kiri anda.